Selasa, 11 November 2008

4 Top Virus Penginfeksi EXE


Virus Penginfeksi EXEVirus yang menginfeksi file-file tertentu, seperti EXE, DOC, XLS, DLL, dsb, sudah sangat menyebar saat ini. PC saya pernah terinfeksi 4 virus berbeda, tapi satu tujuan, yaitu menginfeksi file EXE. Keempat virus tersebut adalah Viking, Sality, Virut, Alman beserta variannya. Dari virus-virus tersebut, kecuali Viking, saya tidak menyadari kalau ternyata PC saya terinfeksi file virus tersebut. Tapi saya agak curiga, tiap kali saya menjalankan program, pasti keluar pesan error kalau tidak salah “C:\Program Files\xxx\xxx.exe is not valid win32 application”, padahal saya sudah berulang kali melakukan instalasi ulang.

Setelah mencurigai kejadian tesebut, saya langsung men-download Kaspersky Anti-Virus 7.0 yang saat itu masih terbaru. Setelah selesai download, saya langsung scan total PC saya, dan ternyata virus-virus tersebut sudah menumpuk. Akhirnya, tamatlah riwayat virus di PC saya.

Pada awal artikel, saya hanya menceritakan tiga virus, kecuali Viking. Nah, viking ini menurut saya virus paling ganas dari ketiga virus lainnya, tapi gejala-gejala infeksinya mudah diketahui. Biasanya, file-file EXE yang terinfeksi virus ini, icon-nya berubah menjadi jelek, PC menjadi sangat lambat, dan pemakaian CPU selalu 100%. Sama seperti ketiga virus sebelumnya, saya membasmi virus ini dengan Kaspersky Anti-Virus.

Dengan Kaspersky Anti-Virus, semua file-file yang diinfeksi oleh keempat virus tadi, 99% bisa diselamatkan atau di-disinfect. Atau alternatif lain dengan menggunakan Kaspersky Virus Removal Tool, dengan tool yang gratis ini, kita juga bisa membasmi virus-virus dengan ampuh mirip seperti Kaspersky Anti-Virus

Tidak ada komentar: